Pengumuman



Angkat Strategi Pembangunan Desa, UNU Sidoarjo Menangi Lomba Debat Mahasiswa


 30 Mei 2016

Univeritas Nahdlatul Ulama (UNU) Sidoarjo untuk pertama kalinya berhasil meraih juara I lomba debat mahasiswa yang diadakan oleh TV9 bersama Pemerintah Kecamatan Tarik, Sidoarjo yang digelar akhir pekan lalu. Bertemakan Mengawal Pemerintahan Desa yang Inovatif, Mandiri, Sejahtera dan Berkelanjutan, UNU Sidoarjo yang diwakili M. Zakariya Dimas berhasil menyingkirkan lawan-lawannya setelah unggul dalam penyampaian materi debat.


Zakariya yang juga merupakan Wapresma di kampusnya itu menjelaskan, materi yang ia sampaikan dalam lomba debat diperuntukkan bagi program pembangunan desa. UNU Sidoarjo memiliki strategi dan solusi, karena kampus tersebut memiliki data yang diambil dari beberapa desa di Sidoarjo.
"UNU mempunyai solusi yaitu Kurikulum Berbasis Keunggulan Lokal (KBKL). Selain itu, kita juga sudah memetakan beberapa masalah di beberapa desa," ungkap Dimas saat diwawancarai usai menerima piala lomba itu, Kamis (19/5) lalu.
Selain dijadikan materi debat, lanjut Dimas, materi itu juga sempat  disampaikan ke Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo pekan lalu, namun belum terealisasi.


Rencananya, keinginan itu akan terus diperjuangkan dan dikawal oleh semua aktivis mahasiswa UNU Sidoarjo sampai pemerintah kabupaten melaksanakannya. "Keinginan ini akan kami kawal sampai pemerintah dapat melaksanakannya, agar itu tidak sekadar teori debat saja," tegas Dimas.
Lomba debat yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Tarik tersebut memperebutkan piala Bupati Sidoarjo. Pesertanya berasal dari Universitas Ma’arif Hasyim Latif (Umaha) Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah (Umsida) Sidoarjo, Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya, dan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sidoarjo. Selain itu, ada pula kategori yang melombakan kampus kesehatan, yakni: Stikes Mitra Sehat, Stikes Anwar Medika, Akper Kerta Cendekia, dan Stikes Siti Hadijah. (NU Online)